Ketua DKPP: Rekapitulasi KPU Sudah Sangat Terbuka

Jimly Asshiddiqie 

“Rapat pleno rekapitulasi di KPU RI sekarang, menurut saya sudah sangat terbuka. Kalau ada temuan silakan diselesaikan. Dan kalau beberapa masalah sudah diselesaikan di tiap tingkatan, maka asumsinya ketika sampai Jakarta seharusnya sudah matang,” ujar Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI Jimly Asshiddiqie ketika menggelar konferensi pers di Kantor DKPP, Jakarta, Selasa (22/7/2014).

Ketua DKPP juga mengingatkan, semua permasalahan yang mungkin ada pada proses Pilpres 2014 sudah diselesaikan secara berjenjang, mulai dari TPS, desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan pusat. Keseluruhan proses juga telah dilakukan secara terbuka dan disaksikan oleh semua pihak.

Bagi Jimly, semua persoalan dalam Pemilu ada mekanisme penyelesaiannya. Jika tidak menyetujui hasil penetapan KPU, masih tersedia jalan konstitusional terakhir, yakni di Mahkamah Konstitusi (MK). Penyelesaian lewat jalan demonstrasi, tambah dia, bukan jalan yang baik. Lebih baik melalui proses persidangan.

“Masih tersedia waktu. Lebih baik manfaatkan waktu 30 hari yang disediakan untuk berproses di MK. Ini jauh lebih beradab. Proses hukum jangan hanya dilihat menang kalah, tapi lihat juga prosesnya. Proses 30 hari di Mk itu sama mulianya dengan menang atau kalah. Saya percaya, MK saat ini independen. Pascakasus Akil, mereka sedang mencari kesempatan untuk membuktikan diri dapat bekerja dengan netral,” ungkap Jimly optimistis. (DKPP)