Kembali Temukan Kegandaan Anggota, KPU Laksanakan Penelitian Faktual Administrasi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru pada Senin (5/12) kembali melaksanakan kegiatan penelitian faktual administrasi terhadap dokumen administrasi keanggotaan partai politik hasil perbaikan. Hal ini kembali dilaksanakan karena dalam penelitian administrasi hasil perbaikan terhadap dokumen 10 (sepuluh) partai politik, KPU Kota Banjarbaru kembali menemukan dugaan kegandaan anggota partai politik.

Penelitian Faktual Administrasi Hasil Perbaikan
Penelitian Faktual Administrasi Hasil Perbaikan

Komisioner KPU Kota Banjarbaru, Mhd Wahyu NZ menyampaikan bahwa dalam data keanggotaan yang diserahkan oleh partai politik pada masa perbaikan yang lalu, kembali terdapat kegandaan anggota. “Data anggota yang diserahkan parpol tempo hari merupakan perbaikan, didalamnya ada yang bersifat sekedar memperbaiki data yang ada, dan ada yang mengganti dengan anggota yang baru karena data anggota yang sebelumnya tidak memenuhi syarat. Pada penggantian atau penambahan itulah kemungkinanĀ  dapat terjadi muncul kegandaan anggota,” ujar Wahyu.

Wahyu menambahkan, “Kami tidak berada dalam posisi untuk berpendapat atau berasumsi kenapa suatu parpol bisa menambahkan anggota partai lain ke dalam partainya. Itu wilayah parpol. Lagi pula, keanggotaan parpol itu memang dinamis. Setiap orang memiliki hak untuk memilih menjadi anggota parpol yang mana yang disuka. Hari ini jadi anggota Partai A, sepekan kemudian berubah pikiran dan pindah ke Partai B. Itu dimungkinkan.”

“Hanya saja, pada saat ini KPU berusaha memastikan secara administratif keanggotaan seseorang di partai politik. Hanya pada salah satu parpol saja. Atau malah tidak dimanapun, terserah yang bersangkutan. Itu hak masyarakat. Tapi yang pasti adalah tidak menjadi anggota pada beberapa parpol. Kalau dipikir-pikir, penelitian administrasi ini juga dapat dianggap membantu partai politik dalam hal tertib keanggotaan,” ucap Wahyu lagi.

Penelitian administrasi hasil perbaikan kali ini akan berakhir pada 11 Desember 2017 mendatang. Sementara untuk 3 partai politik yang terkait dengan putusan Bawaslu RI, masa perbaikannya akan berakhir pada 15 Desember 2017. “Bedanya dengan penelitian administrasi sebelumnya, kali ini hasil penelitian administrasi yang dilakukan KPU adalah bersifat final. Sehingga partai politik sudah tidak dapat lagi melakukan perbaikan, sebab telah diberikan kesempatan untuk itu,” terang Wahyu.