Hasil Verifikasi: Seluruh Parpol di Banjarbaru Penuhi Persyaratan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru pada Jumat (02/02) pagi sampaikan salinan berita acara (BA) hasil verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2019. Salinan BA dimaksud disampaikan kepada 12 (dua belas) parpol yang diverifikasi pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan 2 (dua) parpol yang melakukan perbaikan.

Penyampaian Berita Acara Hasil Verifikasi Pasca Putusan MK
Penyampaian Berita Acara Hasil Verifikasi Pasca Putusan MK

Berdasarkan hasil verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPU Kota Banjarbaru, keduabelas partai tersebut telah memenuhi persyaratan terkait dengan status kantor tetap, kepengurusan, dan keanggotaannya.

Demikian pula halnya dengan dua partai politik yang melakukan perbaikan atas hasil verifikasi faktual, yakni Partai Berkarya dan Partai Garuda.

Pada acara penyampaian salinan BA tersebut, KPU Kota Banjarbaru menyampaikan kronologis pelaksanaan verifikasi sampai dengan penetapan hasil verifikasi. Kemudian dilanjutkan dengan peyampaian salinan BA kepada seluruh parpol secara bergantian. Selain kepada parpol, salinan BA yang sama juga disampaikan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarbaru, yang dihadiri secara langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru A. Jajuli dan komisioner Bawaslu Noormadina.

Ketua KPU Kota Banjarbaru, Husein Abdurahman atas nama KPU Kota Banjarbaru memberikan ucapan selamat kepada seluruh parpol di Kota Banjarbaru yang telah memenuhi persyaratan. “Namun demikian, kita tetap harus menunggu keputusan KPU RI, apakah setiap parpol ini dapat menjadi peserta Pemilu 2019 atau tidak. Lulus tidaknya menjadi peserta pemilu adalah tergantung pada hasil verifikasi secara keseluruhan, pada seluruh wilayah di Indonesia,” jelas Husein pasca penyampaian BA.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru A. Jajuli menyampaikan penilaiannya bahwa proses verifikasi yang dilaksanakan oleh KPU Kota Banjarbaru telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan.

12 parpol yang diverikasi pasca putusan MK tersebut adalah: Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA), Partai Bulan Bintang (PBB), serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).