Hari ini, KPU Kota Banjarbaru Verifikasi 12 Partai Politik

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru pada hari ini, Selasa (30/01) laksanakan verifikasi terhadap 12 (dua belas) partai politik pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Ke-12 parpol yang akan diverifikasi tersebut adalah parpol yang telah menjadi peserta Pemilu 2014 yang sebelumnya berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tidak diverifikasi.

Verifikasi Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019
Verifikasi Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019

“Tadinya yang kita verifikasi hanyalah calon peserta Pemilu 2019 yang belum pernah diverifikasi. Namun setelah terbitnya putusan MK, maka KPU harus melaksanakan verifikasi terhadap seluruh calon peserta Pemilu 2019, termasuk 12 parpol yang sudah pernah diverikasi pada Pemilu 2014 lalu,” ujar Husein Abdurahman, Ketua KPU Kota Banjarbaru.

Husein menambahkan, bahwa pelaksanaan verifikasi pada hari ini di Kota Banjarbaru akan dilaksanakan secara serentak dan diselesaikan dalam satu hari. “Pada satu hari ini (30/01), kami akan membagi tim verifikator sebanyak 5 (lima) tim, yang masing-masing komisioner KPU Banjarbaru akan menjadi koordinator salah satu tim. Dijadwalkan mulai pukul 09.30 Wita, verifikasi sudah akan dilaksanakan untuk kemudian dilanjutkan hingga selesai.”

Kedua belas parpol yang akan diverikasi tersebut adalah: Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA), Partai Bulan Bintang (PBB), serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).