Gelar Budaya Songsong 1 Tahun Pemilu 2019 oleh KPU Kota Banjarbaru

Selasa 17 April 2018 lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru menggelar acara menyongsong 1 (satu) tahun Pemilu 2019. Pergelaran tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sejenis di seluruh Indonesia untuk menyongsong penyelenggaraan Pemilu Serentak, yang akan dilaksanakan pada Rabu, 17 April 2019 mendatang.

Penampilan Mhd Wahyu NZ dalam Gelar Budaya Songsong 1 Tahun Pemilu 2019
Penampilan Mhd Wahyu NZ dalam Gelar Budaya Songsong 1 Tahun Pemilu 2019

Di helat di Gedung Bina Satria, pertunjukan kebudayaan dengan balutan utama kesenian Mamanda tersebut juga melibatkan sejumlah kesenian tradisional lainnya, yakni musik panting, tari, dan madihin.

Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Banjarbaru Mhd Wahyu NZ menyampaikan bahwa pergelaran yang dilaksanakan oleh KPU Kota Banjarbaru kali ini bukanlah hal baru. “KPU Kota Banjarbaru sudah beberapa kali bekerja sama dengan kawan-kawan pegiat kesenian tradisional dalam kegiatan sosialisasi Pemilu. Baik pada Pemilu 2014 maupun pada Pilkada 2015 lalu. Jadi, kita di Banjarbaru memang sudah biasa menggunakan kesenian tradisional sebagai media sosialisasi Pemilu,” ujarnya.

Wahyu menambahkan, “Sejumlah kesenian tradisional, khususnya tradisi Banjar, memang ada yang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan terkait kepemiluan dengan mudah dan dengan cara yang ringan. Tentu saja, itu tergantung pada format kesenian yang digunakan. Sebagai contoh, kesenian mamanda, madihin, dan bapandung, itu bisa kita gunakan. Namun hal berbeda dengan tari-tarian,” urai Wahyu.

Dalam kegiatan Gelar Budaya Songsong Pemilu 2019 lalu, KPU Kota Banjarbaru juga melakukan perkenalan partai politik peserta Pemilu 2019. Perkenalan tersebut secara khusus menjadi penutup kegiatan pergelaran yang pada pelaksanaannya mengundang lebih dari 500 (lima ratus) orang dari berbagai komponen masyarakat Banjarbaru.