DPRD Kota Banjarbaru Proses Calon PAW

Banjarbaru, Antara. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan memproses calon anggota dewan pengganti antarwaktu untuk menggantikan anggota dewan yang mengundurkan diri.

Ketua DPRD Kota Banjarbaru Arie Sophian, Senin mengatakan, pihaknya sudah memproses calon anggota dewan PAW setelah menerima surat resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru.

“Surat resmi KPU berisi hasil verifikasi tiga calon anggota dewan pengganti antarwaktu yang dinyatakan memenuhi syarat menggantikan tiga anggota dewan yang sudah mengundurkan diri,” ujarnya.

Disebutkan, tiga calon anggota dewan PAW yang memenuhi syarat adalah Eti Priharyanti menggantikan Fauzan dari Partai Demokrat yang mengundurkan diri sebagai anggota dewan karena pindah ke Partai Gerindra.

Kemudian, Ahmad Nur Ihsan Finazli dari Partai Keadilan Sejahtera yang menggantikan Anang Sirajudin karena pindah ke Partai Golkar dan Sumadi dari PBR menggantikan Agus Husin yang menjadi caleg DPRD provinsi Kalsel.

Ia mengatakan, pihaknya sudah menindaklanjuti surat dengan mengirimkan surat permohonan penetapan calon anggota dewan PAW ke Gubernur Kalsel melalui pemkot atas nama Wali Kota Banjarbaru.

Dijelaskan, sesuai ketentuan, proses surat permohonan yang disampaikan ke gubernur memerlukan waktu empat belas hari sejak diserahkan sehingga diperkirakan surat keputusan diterima akhir bulan Juni.

“Surat dari gubernur adalah surat penetapan pemberhentian anggota dewan dan pengangkatan anggota dewan PAW yang diperkirakan sudah diterima akhir Juni sehingga pelantikan bisa dilakukan awal Juli,” ungkapnya.

Dikatakan, pengangkatan calon anggota dewan PAW harus secepatnya dilakukan untuk mengisi kekosongan posisi setelah tiga anggota dewan periode 2009-2014 mengundurkan diri karena pindah ke partai lain.

“Makanya, kami langsung memproses surat KPU agar kekosongan tiga anggota dewan segera diisi sehingga tidak mengganggu kinerja anggota dewan secara kelembagaan akibat berkurangnya anggota,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Kelompok Kerja Verifikasi anggota DPRD Pengganti Antarwaktu Fasih Wibowo mengatakan, pihaknya sudah selesai memerifikasi tiga calon anggota dewan PAW yang memenuhi syarat.

“Tiga calon yang di verifikasi adalah peraih suara paling banyak dari partai yang sama sehingga memenuhi syarat diangkat menjadi anggota DPRD pengganti antarwaktu,” ujar anggota KPU Kota Banjarbaru itu.