DCS Banjarbaru Penuhi Keterwakilan Perempuan

KPU & Kepemiluan 16/06/2013

Daftar calon sementara (DCS) bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, tahun 2014 memenuhi persentase keterwakilan perempuan sesuai aturan yang ditetapkan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarbaru Fitriyadi, Minggu mengatakan, keterwakilan perempuan dalam DCS bacaleg partai politik peserta pemilu legislatif 2014 Banjarbaru melebihi persentase yang ditetapkan.

“Persentase keterwakilan perempuan setiap partai politik terpenuhi bahkan melebihi persentase yang telah ditetapkan yakni diatas 40 persen termasuk ada daerah pemilihan yang mencapai 60 persen,” ujarnya.

Ia mengatakan, selain memenuhi persentase keterwakilan perempuan, nomor urut bacaleg juga memenuhi syarat penempatan yang telah diatur yakni diantara tiga bacaleg terdalam satu perempuan.

Dijelaskan, terpenuhinya keterwakilan perempuan memberikan kesempatan bagi pemilih terutama pemilih kaum hawa menentukan pilihannya sehingga bisa menempatkan perwakilan mereka di lembaga legislatif.

“Harapan kaum perempuan, tentunya wakil mereka di lembaga legislatif bisa lebih memperjuangkan aspirasi perempuan sehingga mereka memiliki kesetaraan dengan laki-laki,” ungkapnya.

Menurut dia, dilihat dari jenjang pendidikan bacaleg, komposisinya masih seimbang antara jenjang sekolah menengah atas dengan strata satu atau sarjana dan profesi didominasi kalangan swasta.

“Sesuai ketentuan, jenjang pendidikan terendah bacaleg adalah SMA dan jumlah lulusan sekolah menengah atas hampir sama dengan bacaleg yang menyandang gelar sarjana sehingga seluruhnya cukup berkualitas,” ujarnya.

Dikatakan, selain pengurus partai dan tokoh masyarakat, DCS juga diisi beberapa mantan pejabat Pemkot Banjarbaru yang sudah pensiun termasuk istri pejabat pemerintah yang masih aktif.

“Persaingan antarcaleg pasti ketat karena ada beberapa mantan pejabat dan istri pejabat termasuk sebagian besar anggota DPRD periode sebelumnya yang kembali mencalonkan diri,” katanya.

Sementara itu, jumlah DCS bakal calon anggota legislatif yang ditetapkan KPU sebanyak 311 orang yang akan bersaing memperebutkan 30 kursi di DPRD Kota Banjarbaru pada pemilu legislatif 2014. (Antara)


Penetapan Peringkat Calon Anggota KPU Banjarbaru
Anggaran Fleksibel Dibutuhkan KPU Dalam Tahapan Pemilu

ARSIP INFORMASI TERKAIT

Silaturahmi KPU Kota Banjarbaru dan DPRD Kota Banjarbaru Senin (10/7) kemarin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru melakukan kunjungan silaturahmi kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarbaru dengan diterima langsung oleh Ketua DPRD Kota Banjarbaru, AR. Iwansyah di ruang kerjanya. Kunjungan KPU Kota Banjarbaru ke DPRD Kota Banjar...
AR. Iwansyah Resmi Sebagai Ketua DPRD Kota Banjarbaru AR Iwansyah Komisioner dan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru pada hari ini, Rabu (29/10) menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarbaru. Paripurna istimewa ini memiliki agenda pengucapan sumpah/janji Pimpinan DPRD Kota Banjarbaru masa...
Selamat Mengabdi: Anggota DPR, DPD, & MPR RI 2014-2019 Pada hari ini, Rabu (1/10) telah dilaksanakan peresmian dan pengambilan sumpah/janji Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia masa jabatan 2014-2019. Bertempat di Ruang Nusantara Gedung DPR/MPR Senayan...
Rapat Dengar Pendapat Bersama DPRD Kota Banjarbaru Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru pada hari ini, Selasa (20/5) melakukan rapat dengar pendapat (RDP) bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarbaru. RDP yang dilaksanakan atas inisiatif dan undangan dari DPRD Kota Banjarbaru tersebut berlangsung mulai pukul 12.15 Wita bertem...
KPU Banjarbaru Siap Tetapkan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Husein Abdurahman Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru menyampaikan kesiapannya untuk melaksanakan penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) Anggota DPR, DPD dan DPRD yang telah dilaksanakan pada Rabu 9 April 2014 lalu. Kesiapan tersebut ditegaskan ...