Cara Mudah Pemberian Suara Pada Pemilu 9 April 2014

Secara keseluruhan terdapat 15 (lima belas) cara yang dianggap sah untuk memberikan suara atau mencoblos pada pemilihan anggota DPR/DPRD pada Pemilu 9 April 2014 mendatang. Namun secara prinsip, peruntukan suara hanyalah untuk partai politik yang mencalonkan atau untuk calon yang bersangkutan. Karena itulah, KPU Kota Banjarbaru menganjurkan kepada masyarakat Kota Banjarbaru untuk menggunakan salah satu dari 3 cara yang dinilai paling mudah sebagaimana informasi yang disampaikan kali ini.

Demikian pula halnya dengan tata cara pemberian suara untuk pemilihan anggota DPD pada Pemilu 9 April 2014 mendatang, yang terdiri dari beberapa cara yang dapat dianggap sah. Namun KPU Kota Banjarbaru juga menganjurkan kepada masyarakat pemilih untuk menggunakan cara yang juga dinilai paling mudah.

Hal ini adalah bertujuan selain untuk mengurangi resiko suara rusak dan tidak sah, mempermudah pemilih dalam memberikan suaranya, juga untuk mempermudah perhitungan dan penetapan suara sah nantinya.

Berikut adalah tata cara dimaksud:

Cara Pemberian Suara pada Pemilu 9 April 2014
Cara Pemberian Suara pada Pemilu 9 April 2014

Tata cara pemberian suara pemilihan anggota DPR/DPRD

  • Cara 01: Berikan sekali tanda coblos pada kolom yang memuat nomor urut/lambang/nama partai politik
  • Cara 02: Berikan sekali tanda coblos pada kolom yang memuat nomor urut/nama calon anggota DPR/DPRD
  • Cara 03: Berikan sekali tanda coblos pada kolom yang memuat nomor urut/lambang/nama partai politik dan juga tanda coblos pada kolom nomor urut/nama calon anggota DPR/DPRD

Tata cara pemberian suara pemilihan anggota DPD
Berikan sekali tanda coblos pada kotak yang memuat nomor urut/foto/nama calon anggota DPD