Calon Anggota KPU Kota Banjarbaru Telah Jalani Tes Psikologi

Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru untuk periode 2018-2023 telah menjalani Tes Psikologi sebagai salah satu tahapan seleksi. Tes Psikologi tersebut dilaksanakan pada  Selasa-Rabu, tanggal 27-28 Maret 2018 kemarin, bertempat di Hotel Treepark dan Mapolda Kalimantan Selatan.

CAT Psikometri Calon Anggota KPU Kota Banjarbaru
CAT Psikometri Calon Anggota KPU Kota Banjarbaru (Foto: Humas Polda)

18 (delapan belas) orang calon anggota KPU Kota Banjarbaru menjalani rangkaian tes psikologi yang terdiri dari wawancara, diskusi kelompok, dan psikometri.  Sebagai Asesi (peserta), secara bergantian satu persatu calon melakukan wawancara dengan masing-masing bersama 2 (dua) orang assesor.

Pada tahapan berikutnya, setiap 6 (enam) orang calon dikelompokkan menjadi satu kelompok, dan melakukan diskusi kelompok dengan didampingi oleh 3 (tiga) orang assesor.

Tahap wawancara dan diskusi kelompok tersebut dilaksanakan pada Selasa (27/03) lalu bertempat di Hotel Treepark. Kemudian pada Rabu (28/03), seluruh calon menjalani tes psikologi dengan metode CAT. Pelaksanaan CAT Psikometri ini dilaksanakan bertempat di Asssesment Center Polda Kalsel.

Kedelapanbelas orang calon anggota KPU Kota Banjarbaru yang menjalani tes psikologi adalah calon yang telah dinyatakan lulus pada tahap Seleksi Tertulis dengan Metode CAT. Seleksi tertulis itu sendiri telah dilaksanakan pada Senin (26/03) pukul 21.00-23.00 Wita dengan diikuti 40 (empat puluh) peserta dan menyisakan 18 orang calon yang kemudian mengikuti tes psikologi.

Hasil tes psikologi akan diumumkan pada tanggal 3-5 April 2018 mendatang. Bagi peserta yang dinyatakan lulus pada tes psikologi, akan diwajibkan mengikuti tahapan seleksi berikutnya, yakni tes kesehatan dan wawancara yang masing-masing akan dilaksanakan pada tanggal 6-12 April, dan 16-19 April 2018.