KPU Kota Banjarbaru Siap Gelar Bimtek Bagi PPK/PPS dan Sekretariat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru siap menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pada Sabtu 17/03 besok. Bimtek tentang Tata Kerja PPK/PPS/Sekretariat dan Pelaksanaan Tahapan Pemilu 2019 tersebut akan diikuti oleh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), serta Sekretariat PPK/PPS se-Kota Banjarbaru.

Persiapan Bimtek Bagi PPK/PPS dan Sekretariat PPK/PPS Kota Banjarbaru
Persiapan Bimtek Bagi PPK/PPS dan Sekretariat PPK/PPS Kota Banjarbaru

“Bimtek yang akan dilaksanakan memang tidak hanya melibatkan PPK dan PPS, melainkan juga Sekretariat PPK/PPS yang notabene adalah mitra kerja PPK/PPS. Karenanya kedua pihak ini sudah harus terbangun komunikasi dan kerja sama yang bagus dari awal. Kedua pihak juga harus saling memahami tugas dan kewenangannya masing-masing,” ujar Ketua Divisi SDM KPU Kota Banjarbaru, Mhd Wahyu NZ.

Wahyu menambahkan bahwa format Bimtek yang akan digelar juga berbeda dari Bimtek yang selama ini penah digelar oleh KPU Kota Banjarbaru. “Bimtek besok ini memang kita design berbeda dari Bimtek yang pernah kita laksanakan. Selain karena substansi yang disampaikan juga berbeda, namun caranya juga akan berbeda. Bimtek besok akan menekankan pada peran aktif peserta.”

“Prinsip dasarnya adalah, teman-teman PPK/PPS dan Sekretariat PPK/PPS adalah bagian dari penyelenggara Pemilu, yang masing-masing memiliki tugas dan kewenangan tertentu. Selain itu, PPK/PPS juga adalah salah satu ujung tombak penyelenggaraan Pemilu yang semakin ke bawah, akan semakin jelas hubungan atau interaksinya secara langsung dengan publik atau masyarakat.  Semakin banyak pula hal-hal teknis terkait penyelenggaraan Pemilu yang perlu mendapatkan perhatian dan pensikapan tersendiri,” tambah Wahyu.

Saat ini, KPU Kota Banjarbaru telah menyelesaikan persiapan pelaksanaan Bimtek yang akan digelar pada Sabtu, 17 Maret 2018 mulai pukul 08.00 Wita. Bimtek akan dilaksanakan di Aula Linggangan Intan, DPRD Kota Banjarbaru, Jl. Basuki Rachmat No. 3 Kota Banjarbaru.

Undangan bagi PPK/PPS dan Sekretariat PPK/PPS dapat dilihat di laman tertaut berikut (klik):