Banjarbaru Tetapkan Ulang DPT

Melalui sebuah rapat pleno terbuka yang dilaksanakan pada Jumat 1 Nopember 2013, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru lakukan penetapan ulang Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum (Pemilu) Anggota DPR, DPD dan DPRD untuk Kota Banjarbaru bagi Pemilu 2014 mendatang.

Rapat pleno terbuka yang dilaksanakan bertempat di Aula Trisakti Pemerintah Kota Banjarbaru tersebut juga dihadiri oleh PPK dan PPS se-Kota Banjarbaru, Panwaslu Kota Banjarbaru, Perwakilan Partai Politik di Kota Banjarbaru serta undangan lainnya.

Penetapan ulang ini dilakukan setelah mengikuti perkembangan terkait dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan didasarkan pada keputusan yang telah ditetapkan oleh KPU-RI, diantaranya adalah untuk melakukan pembersihan daftar pemilih dari beragam persoalan yang mungkin ada.

Salah satu masalah yang ditemui dalam DPT Kota Banjarbaru adalah ditemukannya pemilh ganda antar kota dalam Provinsi Kalsel, serta pemilih ganda antar provinsi.

Berdasarkan hasil penetapan ulang DPT Kota Banjarbaru yang baru saja dilakukan, kini jumlah pemilih dalam DPT Kota Banjarbaru adalah sejumlah 143.993 pemilih, dengan total pemilih laki-laki sebanyak 71.722 dan pemilih perempuan sebanyak 72.271 orang. Keseluruhan pemilih tersebut tersebar pada 470 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Banjarbaru, Husein Abdurrahman, atas nama KPU Kota Banjarbaru, secara khusus kembali menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan atas kerja dari seluruh pihak yang terlibat dalam penyempurnaan DPT Kota Banjarbaru ini.

Komisioner KPU Kota Banjarbaru, Fasih Wibowo, selaku penanggung jawab Divisi Teknis Penyelenggaraan, pada kesempatan tersebut juga memaparkan kronologi dan dasar-dasar hukum yang dipergunakan dalam penetapan ulang yang dilakukan.