Banjarbaru Ikuti Bimbingan Teknis di KPU Provinsi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata cara pemungutan, penghitungan dan Rekapitulasi Suara Pemilu Presiden dan wakil presiden tahun 2014 pada Jumat (13/6) sampai dengan Sabtu (14/6/2014) kemarin yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan Bimtek dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan, DR. Samahuddin Muharram pada Jumat (13/6). Pada hari pertama pelaksanaan, disampaikan paparan terkait potensi permasalahan hukum yang ada pada penyelenggaraan Pilpres 2014. materi tersebut disampaikan oleh Hairiansyah, MH. Komisioner KPU Prov Kalsel dari Divisi Hukum dan Pengawasan.

Pada hari pertama juga disampaikan paparan mengenai sosialisasi Pilpres 2014 dan Sumber Daya Manusia (SDM) Penyelenggara Pemilu oleh Masyitah Umar, Penganggung jawab Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM KPU Provinsi Kalimantan Selatan.

Bimbingan Teknis Pilpres Provinsi Kalimantan Selatan

Sementara itu, pada hari kedua pelaksanaan Bimtek, disampaikan materi Pengisian formulir C1 dan D serta materi Simulasi Tata Cara Pengisian Formulir C1 yang masing-masing dibawakan oleh Riza Zihadi, S.Ag, M.AP (Komisioner KPU Prov. Kalsel) dan Muhammad Husni, S.IP dari Sekretariat KPU Provinsi Kalimantan Selatan.

Pasca pelaksanaan Bimtek Pemungutan, Perhitungan dan Rekapitulasi Suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014 tersebut, Ketua KPU Kota Banjarbaru Husein Abdurahman menyampaikan bahwa KPU Kota Banjarbaru menyambut baik dan memberikan apresiasi atas pelaksanaan Bimtek tersebut.

Husein menyampaikan, “Bimbingan teknis ini akan meningkatkan kompetensi penyelenggara pemilu tingkat kabupaten/kota di Kalimantan Selatan. Potensi-potensi kesalahan yang mungkin terjadi pada sisi teknis penyelenggaraan pemilu, khususnya perhitungan dan rekapitulasi sudah dapat dikenali dan diantisipasi secara dini”.