Banjarbaru Hadiri Rakor PAW se-Kalimantan Selatan

Ketua KPU Kota Banjarbaru, Husein Abdurahman menghadiri undangan Rapat Koordinasi (Rakor) PAW yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Kamis 22/12 kemarin. Rakor tersebut dilaksanakan dengan maksud membedah dan menjawab persoalan-persoalan proses penggantian antar waktu (PAW) anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan.

Rapat Koordinasi PAW di KPU Provinsi Kalimantan Selatan
Rapat Koordinasi PAW di KPU Prov. Kalimantan Selatan, Kamis (22/12)
Gambar: KPU Prov. Kalsel

Hasyim Ashari, Komisioner KPU RI yang menjadi narasumber mengingatkan, “Dalam proses PAW tentunya harus ada prinsip-prinsip yang harus terpenuhi, yakni adanya anggota dewan yang ditetapkan terlebih dahulu, artinya telah dilantik sebagai anggota.”

“Kemudian, harus berasal dari parpol dan daerah pemilihan yang sama, kecuali sudah habis calon penggantinya di daerah tersebut maka dapat diambilkan dari daerah yang berdekatan secara geografis,” papar Hasyim.

Secara terpisah, Husein Abdurahman menyampaikan bahwa  terkait dengan PAW Anggota DPRD Kota Banjarbaru, proses yang dilaksanakan di Kota Banjarbaru selama ini berjalan dengan baik dan lancar.

“KPU Kota Banjarbaru pasca Pemilu 2014 sudah memproses beberapa PAW Anggota DPRD Kota Banjarbaru, khususnya yang berimplikasi dengan Pilkada 2015 lalu. Kami tentu bersyukur bahwa PAW yang dilaksanakan di Kota Banjarbaru berjalan dengan baik dan lancar.” tandas Husein.