APBD-P 2014 Banjarbaru Siap Akomodasi Pilkada 2015

Hegar W Hidayat
Hegar W Hidayat
Pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarbaru yang dilaksanakan kemarin, Selasa (20/5), juga disampaikan gambaran umum persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kota Banjarbaru 2015 mendatang. Melalui kesempatan tersebut, Hegar W. Hidayat, Komisioner KPU Kota Banjarbaru, menyampaikan bahwa KPU Kota Banjarbaru telah menyampaikan rencana anggaran Pilkada Kota Banjarbaru 2015 kepada pihak Pemerintah Kota Banjarbaru dan DPRD Kota Banjarbaru pada medio 2013.

“Rencana anggaran Pilkada Banjarbaru yang disusun dan telah disampaikan oleh KPU Banjarbaru tersebut telah dibuat untuk mengantisipasi seandainya terjadi Pilkada sampai dengan dua putaran”, jelas Hegar, penanggung jawab Divisi Perencanaan, Keuangan dan Logistik KPU Kota Banjabaru.

“Mengingat tahapan pelaksanaan Pilkada 2015 yang sudah akan dimulai pada akhir 2014, serta memperhatikan kemampuan keuangan dan beban APBD Kota Banjarbaru, maka tentu KPU Kota Banjarbaru sangat mengapresiasi positif rencana pengalokasian anggaran pemilukada secara bertahap yang dimulai sejak APBD-P 2014 ini,” tambah Hegar, menanggapi apa yang disampaikan oleh Badan Kesbangpol Kota Banjarbaru terkait hal yang sama.

Pada RDP yang dilaksanakan di ruang rapat DPRD Kota Banjarbaru tersebut, Kabid Politik Badan Kesbangpol Kota Banjarbaru juga menyampaikan bahwa pihak Kesbangpol siap dan akan memfasilitasi koordinasi pedahuluan tentang hal ini, untuk kemudian dilakukan koordinasi lebih lanjut antara KPU Kota Banjarbaru dan Tim Penyusunan Anggaran Daerah Kota Banjarbaru.

Sementara itu, H. Iriansyah Ganie, Ketua Komisi I DPRD Kota Banjarbaru yang pada kesempatan tersebut bertindak sebagai Pimpinan Rapat menyampaikan bahwa DPRD Kota Banjarbaru turut mendukung pengalokasian awal anggaran Pilkada Banjarbaru 2015 untuk dilakukan pada APBD-Perubahan 2014 ini. “Karena pada waktu yang tidak terlalu lama lagi, kita sudah akan melakukan pembahasan KUA-PPAS APBD-P 2014. Selain itu, juga memang tidak mungkin yang semuanya dibebankan pada anggaran murni 2015, mengingat kemampuan APBD Kota Banjarbaru, juga agar pelaksanaan tahapan dan persiapan Pilkada berjalan dengan lancar.”