9 Oktober 2014: Pelantikan DPRD Kota Banjarbaru

Yanni Makkie
Yanni Makkie
Anggota DPRD Kota Banjarbaru terpilih, sebagai hasil Pemilu Anggota DPRD Kota Banjarbaru 9 April 2014 lalu dijadwalkan akan dilantik pada 9 Oktober 2014 mendatang. Sesuai dengan berakhirnya masa jabatan Anggota DPRD Kota Banjarbaru periode 2009-2014. Demikian disampaikan oleh Sekretaris DPRD Kota Banjarbaru, Yanni Makkie.

Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda pengambilan sumpah dan janji Anggota DPRD Kota Banjarbaru terpilih tersebut sampai saat tengah terus dipersiapkan. Pengambilan sumpah sendiri direncanakan akan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kota Banjarbaru.

Sebagaimana diketahui, mulai periode 2014-2109, DPRD Kota Banjarbaru akan diisi oleh 30 (tiga puluh) orang wakil rakyat yang terpilih pada Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD. Saat ini, ketigapuluh Anggota DPRD Kota Banjarbaru tersebut berasal dari 4 (empat) daerah pemilihan yang sebelumnya telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru.

Pemilu 2014 yang dihelat pada 9 April lalu, menempatkan Partai Golkar sebagai peserta pemilu dengan perolehan kursi terbanyak di DPRD Kota Banjarbaru, dengan menempatkan 5 (lima) orang kadernya sebagai legislator. Disusul oleh PDIP, Gerindra, dan PPP yang masing-masing memperolah 4 (empat) kursi.