7 Ton Kertas Bekas Pakai Surat Suara Banjarbaru Telah Dimusnahkan

Pemusnahan Kertas Bekas Pakai Surat Suara
Pemusnahan Kertas Bekas Pakai Surat Suara
Pihak pemenang lelang kertas bekas pakai surat suara di KPU Kota Banjarbaru pada Kamis (5/1/2017) telah melakukan pengangkutan. Sehingga dengan demikian proses pemusnahan lebih dari 7 (tujuh) ton kertas bekas pakai surat suara Pilkada 2010, Pileg 2014, dan Pilpres 2014 di KPU Kota Banjarbaru telah dilaksanakan oleh KPU Kota Banjarbaru.

Menggunakan sejumlah armada truk, pihak pemenang lelang melakukan proses pengangkutan dari KPU Kota Banjarbaru dengan disaksikan oleh KPU Kota Banjarbaru dan perwakilan dari kearsipan Kota Banjarbaru.

Kepala Subbagian Umum Sekretariat KPU Kota Banjarbaru, Jubaidi mengatakan, “Seluruh proses lelang dilakukan oleh KPKNL, dan pemenang lelang baru boleh melakukan pengangkutan setelah melunasi seluruh kewajibannya kepada negara yang selambatnya dilakukan pada 29 Desember lalu.”

“Selanjutnya, pihak pemenang lelang berkewajiban untuk menghancurkan surat suara dengan cara dilebur atau didaur ulang sehingga fisik dan informasinya tidak dapat dikenali lagi,” terang Jubaidi.

Sebagaimana sebelumnya diumumkan, lelang Non-Eksekusi Wajib terhadap Barang Milik Negara berupa Kertas bekas pakai Surat Suara tersebut dilaksanakan melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banjarmasin.