143.721 Pemilih Pada Penyempurnaan DPT Banjarbaru

Setelah melalui beberapa kali proses perbaikan dan penyempurnaan dengan dasar edaran dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, data terakhir pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) menunjukkan bahwa di Kota Banjarbaru terdapat 143.721 pemilih untuk Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD 2014 mendatang.

Sementara sebelumnya terdapat 143.991 pemilih. Hal ini berarti terdapat pengurangan sebanyak 270 pemilih. Penurunan jumlah DPT Kota Banjarbaru ini terbanyak diakibatkan oleh faktor pemilih yang pindah domisili setelah DPT perbaikan ditetapkan. Menyusul kemudian faktor pemilih meninggal dunia dan pemilih ganda.

143.721 Pemilih Pada Penyempurnaan DPT Banjarbaru
143.721 Pemilih Pada Penyempurnaan DPT Banjarbaru

Data-data tersebut disampaikan pada Rapat Pleno Terbuka Penyempurnaan DPT Kota Banjarbaru yang telah dilaksanakan pada 30 Nopember 2013 lalu yang dilaksanakan bertempat di aula KPU Kota Banjarbaru.

Sebelumnya, KPU Kota Banjarbaru dengan bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjarbaru, melakukan penelusuran terhadap pemilih yang memiliki NIK invalid dan tidak memiliki NIK. Hasilnya, sampai saat ini di Kota Banjarbaru masih ditemukan 3341 pemilih yang memang tidak memiliki NIK.

“KPU Kota Banjarbaru sampai saat ini memang memutuskan untuk tidak mengeluarkan pemilih dengan NIK invalid tersebut dari DPT. Namun jika memang kemudian diharuskan untuk mengeluarkan dari DPT, maka KPU Kota Banjarbaru akan memasukkan pemilih tersebut ke dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK). Hal tersebut untuk menjamin warga negara tidak kehilangan hak pilihnya,” demikian disampaikan oleh Fasih Wibowo, Divisi Teknis Penyelenggaraan pada KPU Kota Banjarbaru.